Membuat Visa Korea Selatan di Jakarta ( Indonesia )

Sebelum saya memulai postingan saya, terlebih dahulu akan saya beritahukan tata cara membuat Visa Korea Selatan untuk tujuan traveling berdasarkan pengalaman saya sendiri. FYI, langkah-langkah berikut ini adalah untuk kalian yang ingin membuat Visa Korea Selatan sendiri tanpa bantuan Travel Agent. Beberapa Hal yang menjadi perdebatan dalam membuat Visa Korea Selatan, yaitu:

1. Apabila Passport kosong alias belum pernah pergi keluar negeri sama sekali makan akan ditolak.
Kenyataanya tidak begitu. yang terpenting adalah dokumen yang kalian ajukan harus lengkap ( persyaratan dokumen bisa dilihat di http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp )

2. Harus memiliki nilai tabungan minimal Rp. 50.000.000,- ( lima puluh juta )
Kalau anda hanya traveling selama kira-kira 2-3 minggu, maka tidak perlu uang sebanyak ini. Pengalaman saya tahun 2013 ke Korea, saya mengajukan untuk pergi selama 9 hari dengan tabungan 14 Jutaan saja sudah lolos. Tahun 2014 saya kembali mengunjungi Korea selama 5 hari dengan jumlah tabungan hanya 10 Juta saja. Saya rasa dengan tabungan 6-8 jutaan juga sudah bisa lolos ( dengan syarat sudah membeli tiket pesawat dan akomodasi ).
Rumus untuk menentukan apakah tabungan anda lolos seleksi atau tidak adalah, jumlah tabungan anda harus cukup untuk membeli tiket pulang dan pengeluaran mendadak pada saat di Korea dan tabungan anda cukup untuk biaya sehari-hari anda selama di Korea.
Apabila anda punya teman atau keluarga di Korea yang dapat menjamin, mintalah surat dari mereka, tetapi perlu diingat bahwa syarat menjadi penjamin di Korea yaitu bahwa orang tersebut sudah bekerja dan mempunyai penghasilan yang cukup untuk membiayai anda.
Dulu ada teman saya yang bercerita bahwa visa mereka lolos padahal tabungan hanya 4 jutaan. Tapi kemungkinan mereka hanya bepergian selama 3 hari saja.

3. Minimal Harus bisa berbahasa Korea Dasar
Hal ini memang benar dikarenakan orang-orang di Korea sana banyak yang tidak bisa berbahasa Inggris. Meskipun banyak anak muda yang belajar bahasa Inggris, namun pada kenyataanya mereka tidak terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris terutama kepada turis asing.
Beberapa petunjuk jalan terdapat dalam bahasa Inggris dan Korea. Tips dari saya adalah, sebelum anda bepergian ke Korea Selatan, pastikan anda membaca blog-blog orang yang sudah pernah berkunjung ke sana. Catat mengenai tempat-tempat wisata yang akan anda kunjungi beserta bagaimana cara menuju ke tempat tersebut. Hal ini untuk mempersingkat waktu dan meminimalkan waktu anda untuk bertanya arah pada orang Korea.

4. Syarat Visa dan Tabungan sudah terpenuhi semua namun Visa tetap ditolak.
Nah kalau untuk hal ini sebenarnya saya juga tidak bisa menjelaskan mengenai detail alasan mengapa Visa di tolak. Namun setahu saya, ada beberapa kriteria orang yang kemungkinan akan ditolak Visa nya yaitu :

  • Apabila fasih berbahasa Korea dan merupakan usia produktif untuk mencari kerja. Pihak Kedubes Korea mungkin akan mempertimbangkan hal ini dikarenakan banyaknya imigran gelap maupun turis yang berniat untuk mencari kerja dengan alasan liburan maupun traveling. Oleh karena itu, saran dari saya, apabila anda bisa berbicara dalam bahasa Korea meskipun sedikit, akan lebih baik untuk berpura-pura tidak mengerti sama sekali. Penting bagi seorang karyawan untuk meminta surat referensi dari perusahaan yang menyatakan bahwa anda akan kembali lagi ke Indonesia sesuai dengan tanggal yang ditentukan.
    Apabila anda bepergian menggunakan tabungan orang tua, maka anda harus melampirkan surat dari orang tua. Apabila anda memiliki usaha sendiri, maka anda harus menyertakan SIUP dan NPWP perusahaan anda.
  • Apabila Tabungan anda sekiranya tidak mencukupi untuk biaya hidup selama anda berada di Korea Selatan. Yang ini sih sudah jelas. tetapi meskipun tabungan anda mencukupi ataupun berlebih, anda harus ingat bahwa masih ada faktor-faktor lain yang menjadi pertimbangan Kedubes Korea Selatan dalam meloloskan Visa anda.

Pada saat saya mengambil hasil Visa Korea Selatan saya, saat itu ada seorang wanita yang ditolak visa nya meskipun semua syarat sudah terpenuhi. Apabila hasil tidak lolos, maka sekuat apapun usaha anda untuk menanyakan pada pihak kedubes, mereka hanya akan tetap mengatakan bahwa visa anda ditolak dan tidak menjelaskan alasannya. Berikut Dokumen-dokumen yang saya serahkan saat pengajuan Visa ( Saya adalah seorang pegawai kantoran ) :

  • Form Visa (¬†http://www.mofa.go.kr/english/visa/images/res/visakorean.pdf )
  • Pas foto berwarna, background putih ukuran 4×6
  • Foto copy Kartu Keluarga
  • Foto copy Identitas Passpor dan halaman passpor yang sudah terisi¬† ( kalau ada )
  • Foto copy KTP
  • Surat Referensi dari Bank ( untuk menyatakan saldo terakhir anda )
  • Foto copy buku Tabungan 3 bulan terakhir
  • Surat Referensi dari Kantor
  • Foto copy SIUP Kantor dan NPWP Kantor ( minta dari orang kantor )
  • Foto copy pemesanan ticket
  • Foto copy pemesanan akomodasi
  • Itinerary / Jadwal perjalanan anda ( singkat saja )

**Per maret 2014, bukti booking tiket pesawat dan Akomodasi di Korea tidak diperlukan untuk pengajuan visa. Itinerary biasanya juga tidak terlalu dibutuhkan

Untuk saya hanya segini saja, namun untuk beberapa orang terkadang memerlukan dokumen tambahan lain seperti yang saya sebutkan di atas. Masukkan semua dokumen ke dalam satu amplop coklat agar lebih rapih. HARGA PEMBUATAN VISA KOREA SELATAN per 2014 sebesar Rp. 480.000,- Alamat Kedubes Korea Selatan per Tahun 2014 ada di :

Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950 patokannya di sebelah RS. Medistra Gatot Subroto.

Jam Kerja :

penyerahan dokumen pengajuan visa 08.30 – 12.00

pengambilan hasil Visa 13.30 – 16.30

Pada saat anda datang untuk menyerahkan dokumen pengajuan, ambil nomor antrian terlebih dahulu kemudian duduk dan menunggu sampai nomor anda di panggil.

Saat giliran anda tiba, majulah ke loket kemudian serahkan dokumen yang anda bawa. Petugas akan mengecek kelengkapan dokumen anda, apabila diperlukan, petugas akan melakukan interview di tempat atau memberitahukan dokumen yang belum lengkap. Biasanya interview menanyakan mengenai kejelasan Perusahaan anda, alasan anda traveling, dsb. Setelah itu anda diwajibkan membayar berupa uang tunai ( mereka tidak menerima debit kartu ). Kalau anda lupa membawa uang tunai, anda bisa mampir ke RS Medistra lewat jalan belakang, di sana terdapat atm beberapa bank.

Setelah Selesai, anda akan diberikan kertas berisi nomor dan tanggal pengambilan. Lamanya proses Visa biasanya seminggu. jadi menurut saya, kalau kalian mau aman, lebih baik mengurus Visa sebulan sebelum tanggal keberangkatan. Pada saat tanggal pengambilan, hubungi kedubes terlebih dahulu untuk menanyakan mengenai pengambilan visa anda.

Apabila Passpor sudah dapat diambil, maka silahkan datang ke Kedubes antara jam 13.30 – 16.30 dengan membawa kertas pengambilan Visa. Saat anda tiba di lokasi pengambilan ( sama dengan pengajuan ), informasikan kepada satpam bahwa anda berniat untuk mengambil Visa, anda kemudian akan dpersilahkan untuk duduk terlebih dahulu apabila loket sedang sibuk. Ketika loket kosong tersedia, serahkan kertas pengambilan Visa ke petugas loket, kemudian duduklah sambil menunggu dipanggil oleh petugas. Taraaaa….!! Visa Korea Selatan anda sudah jadi~~